Mengapa Belajar Laravel ? Ada 7 Alasan

mengapa belajar laravel

Topik kali ini kita akan membahas tentang Framework PHP dan mengapa sebaiknya belajar Laravel, mungkin banyak teman teman yang bertanya dan sering bingung bahkan sering muncul pertanyaan “Laravel vs CI bagusan mana?”, nah di tulisan ini saya akan menyampaikan sedikit opini dari techwebdaily.com tentang framework beberapa framework PHP dan alasan mengapa belajar Laravel daripada framework PHP lainnya menurut versi techwebdaily.com.

Sebelumnya pasti anda sudah tahu kan apa itu Framework ? kalau belum tahu techwebdaily.com
kasih tahu deh

Framework adalah sebuah software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalam nya ada berbagai fungsi diantaranya plugin, dan konsep untuk membentuk suatu sistem tertentu agar tersusun dan tersetruktur dengan rapih.

Dengan menggunakan framework bukan berarti kita akan terbebas dengan pengkodean. Karena kita sebagai seorang pengguna framework haruslah menggunakan fungsi – fungsi dan variable yang ada di dalam sebuah framework yang kita gunakan. Untuk saat ini framework terbagi dua yaitu framework PHP dan framework CSS, untuk framework PHP terdiri dari

  • Laravel
  • Yii
  • Code Igniter
  • Symfoni
  • Zend Framework
  • Cake PHP
  • Fuel PHP
  • DLL

dan untuk Framework CSS terdiri dari

  • Bootstrap
  • Gumby
  • Foundation
  • Less Framework
  • JQuery UI
  • Unsemantic
  • Blue Print CSS

sudah tahu kan apa itu framework hehe, nah selanjutnya kita akan membahas mengapa belajar laravel

  1. Terbesar, jika menganut pada website Coderseye Laravel memiliki popularitas besar dan sangat jauh dibandingkan FrameworkPHP lainnya, otomatis dengan populasi pengguna yang sebesar ini komunitas & sumber belajar Laravel sangat banyak dan mudah ditemukan.
  2. Dokumentasi, dari sekian banyak Framework PHP yang ada menurut saya Laravel memiliki halaman dokumentasi yang paling baik dan sangat terstruktur dibandingkan dengan framework lainnya, Codeigniter mungkin ada di posisi yang sedikit mirip dengan Laravel untuk hal dokumentasi.
  3. Modern, Laravel mungkin termasuk framework PHP yang paling rajin untuk update versinya sekitar 2 kali pembaruan versi setiap tahunnya dan Laravel juga mengikuti perkembangan PHP itu sendiri, hal yang tidak dilakukan Codeigniter, sampai akhirnya Codeigniter akan merilis versi 4 yang menurut saya mungkin sangat terlambat.
  4. Rapid Application Development, dengan Laravel kita bisa sangat terbantu dan bisa dengan lebih cepat untuk membuat / membangun sebuah aplikasi PHP, karena banyak kemudahan yang ditawarkan dari Laravel, misalnya auth scaffolding, email verification dan banyak perintah artisan yang sangat memudahkan kita dalam membuat file Class Controller, Model dan file migrations.
  5. Mudah Dipelajari, untuk bagian ini mungkin banyak orang yang akan merekomendasikan Codeigniter untuk teman teman yang baru belajar atau bertanya ketika mau belajar framework baiknya belajar yang mana dengan alasan Codeigniter sangat mudah dipelajari dan menurut saya memang Codeigniter sangat mudah untuk dipelajari, tapi Laravel juga gak kalah mudah kok belajarnya karena High Level of Abstraction membuat Laravel sangat mudah dipelajari karena method methodnya dibahasakan sangat manusiawi.
  6. Happy Development, karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan Laravel, maka proses development dengan Laravel terasa sangat menyenangkan.
  7. Layanan Pihak Pertama, selain framework Laravel juga menyediakan banyak layanan & package official, misalnya Laravel Forge untuk manajemen server, Laravel Envoyer untuk Deployment, yang terbaru ada Laravel Nova untuk membuat halaman admin dan banyak lainnya.

Itulah tadi poin poin dari saya yang sebelumnya pernah menggunakan Codeigniter sebelum saya hijrah menggunakan Laravel, poin diatas tidak sepenuhnya sesuai dengan opini teman teman ya, wajar karena kita semua punya opini masing masing, tapi kalau dari poin saya untuk yang mau belajar framework PHP sebaiknya belajar Laravel kalian gak akan nyesel kok 😛 , dan untuk para Umat Framework lainnya yang fanatik jangan baper dan jangan emosi baca tulisan ini, tinggalkan komentar saja apa kelebihan kelebihan framework pujaan kalian, biar kita bisa bertukar pengetahuan disini dengan sehat dan dewasa, daripada ribut gak penting “Perang Framework” Indonesia sudah panas dengan isu politik 2019 nih masa koding mau dibuat debat juga Haha.

Di atas adalah alasan kita mengapa belajar laravel. Jadi sudah bisa membayangkan kan tentang framework pilihan ?

Oya satu lagi mengapa kita harus belajar laravel.

Perusahaan perusahaan di indonesia banyak menggunakan laravel sebagai Backend untuk produk mereka yang artinya jika kita belajar laravel, kita berpeluang besar juga untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Sekian pembahasan hari ini tentang mengapa belajar laravel, semoga dapat memberikan manfaat untuk teman teman semuanya