Tutorial Node Js ? Ini Dia Tutorial no #1

tutorial node js

Sejak kehadirannya, Nodejs banyak membawa perubahan terhadap dunia pemrograman, khususnya web.

Dengan Nodejs, kita bisa membuat aplikasi Web, Desktop, Mobile, bahkan IoT (Internet of Things).
dan kerennya lagi, Javascript menjadi bahasa yang paling populer di github saat ini.

tutorial node js

Pada tahun 2016 dan 2017, Javascript masih memegang peringkat #1 bahasa yang paling banyak digunakan di Github.

Semua ini gara-gara nodejs. 😄

Ekosistem javascript jadi banyak berubah dan berevolusi. Mulai sekarang banyak perusahaan yang menggunakan javascript sebagai base development mereka, oleh sebab itu kita harus belajar node js agar sesuai kriteria perusahaan perusahaan tersebut.

berikut mari kita bahas tentang tutorial node js dan apa itu node js.

– Apa itu node js
– Kenapa harus belajar node js

Berikut kita bahas tentang apa itu node js dan tentang node js pemula

Apa itu Node JS

Sebagai Web Developer, akhir-akhir ini kita sering mendengar NodeJS. Sudah banyak developer yang memakai platform ini. Sebenarnya, apa sih NodeJS? Mari kita pelajari lebih jauh mengenai NodeJS.

Menurut situs resminya (nodejs.org), NodeJS adalah sebuah platform pemrograman yang dibuat di atas JavaScript Runtime-nya Chrome. Maksudnya, script yang ditulis untuk server akan berjalan dengan cara yang hampir sama seperti ketika di peramban.

Semua kodingan JavaScript bisa diaplikasikan pada NodeJS ini. Kelebihan dari NodeJS yang paling bermanfaat ialah pemrograman asynchronous. Artinya, semua kodingan akan dieksekusi secara bersamaan, tidak menunggu sintaks yang diatasnya selesai, tidak berurutan dari atas ke bawah seperti pemrograman yang lain. Hal ini lah yang membuat performa NodeJS itu cepat.

Selain asynchronous, NodeJS memiliki banyak kelebihan lain yang bisa menjadi alasan kenapa kita memakai NodeJS bukan yang lain. Berikut adalah kelebihan dari NodeJS.

  • Menggunakan Bahasa JavaScript
    Penggunaan JavaScript sebagai codingnya tentu alasannya agar para pengguna menjadi lebih mudah dalam mempelajari dan menggunakan NodeJS sebagai pemrograman back-end­-nya, mengingat Javascript merupakan bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari.
  • Bisa digunakan untuk membuat Aplikasi Realtime (Realtime Application)
  • Open Source
    NodeJS memiliki lisensi open-source yang artinya kita dapat mengetahui bagaimana proses aplikasi dieksekusi, bahkan mengubah prosesnya tanpa membayar atau izin terlebih dahulu kepada pengembangnya. Dengan kata lain, kita bisa mengotak-atik scriptnya sesuai dengan kebutuhan secara bebas.
  • Mendukung Penyimpanan Sementara
    NodeJS mampu menyimpan data-data secara sementara berupa cache, sehingga data-data tersebut dapat diakses kembali dengan waktu yang sangat cepat. Inilah yang membuat NodeJS lebih ringan daripada platform yang lain.
  • Mendukung JSON
    JSON merupakan standar untuk bertukar data yang paling populer saat ini sehingga penggunaan data-data dari pihak ketiga akan menjadi sangat mudah.
  • Database NoSQL
    Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan NodeJS ini bisa terhubung dengan Database yang berjenis NoSQL. Artinya, kita dapat lebih mudah mengelola data yang tersimpan. Untuk aplikasi database-nya bisa menggunakan MongoDB atau CouchDB yang karena mendukung Javascript.
  • Uptodate
    NodeJS menggunakan V8 yang selalu update standar ECMAScript. Jadi, semua fitur-fitur yang ada di NodeJS pasti bisa dijalankan di semua jenis peramban.

Dengan memakai NodeJS kita bisa membuat sebuah aplikasi web yang sangat keren. Biasanya NodeJS ini dipakai oleh para pengembang aplikasi untuk kebutuhan IoT. Keren bukan? Untuk yang sederhana, kita bisa membuat sebuah aplikasi video call dengan memakai NodeJS ini.

Kenapa Harus Belajar Node js

Berikut ini beberapa jawaban yang diberikan oleh developer atas pertanyaan apa yang paling disukai saat mengembangkan aplikasi dengan Node.js?

  • Node.js memiliki performa yang sangat baik sehingga membuat saya menjadi sangat produktif.
  • Ringan untuk melakukan development dilingkungan enterprise, ditambah 400.000 lebih paket npm yang sudah tersedia.
  • Front-end, back-end, dan tester menggunakan bahasa yang sama.
  • Bisa melakukan pengembangan dengan produktif baik di backend maupun di frontend tanpa harus pusing karena sintaks yang berbeda. Semua menggunakan JavaScript dan cepat untuk membuat prototipe.
  • Bahasa yang sama di klien dan server; JavaScript kondusif untuk melakukan functional programming; TypeScript bisa bekerja dengan baik bersama node; memiliki i/o non blocking.
  • Menyenangkan, membawa angin segar dibandingkan php.
  • Mudah sekali menulis kode di Node.js. Kita bahkan bisa membacanya seperti bahasa manusia.

Apa Selanjutnya Tutorial node js ini ?

Sekian dulu perkenalan awal tentang apa itu node js.

Untuk selanjutnya kita akan bahas tentang tutorial node js secara detail.

Tunggu selanjutnya ya, atau anda bisa lihat tutorial melalui link ini

Semangat ya belajar node js 🙂